Efek samping buah duku untuk kesehatan

Efek samping buah duku untuk kesehatan - Buah Palembang yang terkenal sangat kita sayangi. Teksturnya kenyal dan manis membuat duku cocok untuk pencuci mulut. Tak hanya itu, saat ini buah duku sudah mulai dikembangkan dan dibuat berbagai macam masakan. Dari puding, dodol, permen, kue jus duku. Tapi kalau duku ini punya manfaat dan efek samping pada kecantikan dan kesehatan ya?
Manfaat duku


Berikut ini beberapa efek samping buah duku untuk kesehatan :

Baca juga ; Khitan peanbaru

1. Meningkatkan imunitas
Tidak hanya bagi Anda yang sedang dalam pemulihan dari penyakit, asupan gizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh perlu dikonsumsi untuk menunjang aktivitas keseharian Anda. Buah duku kaya akan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan daya tahan serangan dari berbagai penyakit. Vitamin C, yang merupakan antioksidan aktif, bisa membantu mengembalikan fungsi tubuh.

2. Menjaga kesehatan kulit
Selain vitamin C, duku juga mengandung vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan mengkonsumsi duku secara teratur dan tidak berlebihan, kulit Anda akan terlihat lebih cerah, mencegah penuaan dini, melembutkan dan melembabkan kulit Anda, menjaga kulit Anda dari bahaya sinar UV untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Bahkan kulit duku yang digosok pada kulit gatal bisa menjadi alternatif gatal dan remover jerawat.

3. Kontrol Kolesterol
Jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, buah duku adalah salah satu buah yang aman untuk kolesterol tinggi. Ini karena kandungan vitamin C yang ditemukan di duku bisa mengendalikan kolesterol dalam darah dimana bisa membantu mengubah kolesterol menjadi asam empedu. Kadar kolesterol tinggi menyebabkan beberapa penyakit mematikan seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Karena itu, orang dengan kolesterol tinggi disarankan untuk selalu mengkonsumsi buah duku.

4. Pencernaan
Seperti buah lainnya, buah duku juga memiliki kandungan serat tinggi. Ada 2 gram kandungan serat per 100 gram buah duku sehingga bila sesuai untuk dikonsumsi orang yang memiliki masalah pencernaan. Kandungan kalori, mineral dan zat besi yang terkandung dalam buah duku lebih banyak daripada apel dan jeruk. Bahkan jika Anda mengkonsumsinya secara teratur, duku bisa mencegah kanker saluran pencernaan.

5. Menjaga kelembaban rambut
Siapa sangka jika buah duku juga bagus untuk menjaga kelembaban di rambut alami berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selain makan duku bisa menjaga rambut agar tidak berair, Anda juga bisa menjauhkan dari luar dengan buah manis ini. Seberapa mudah. Buah duku di masker dan oleskan ke rambut sambil memijat perlahan. Kandungan protein tinggi di duku juga bisa mencegah rambut rontok dan menutrisi membuatnya lebih cantik.

6. Menjaga kesehatan gigi
 Vitamin D tinggi pada buah duku memberi efek signifikan pada tubuh. Dengan mengkonsumsi cukup vitamin D, Anda bisa menjaga agar gusi Anda tetap sehat, mulut Anda dan mencegah timbulnya sariawan yang membandel. Selain itu, kandungan fosfor pada buah duku akan memberi nutrisi yang baik pada kesehatan gigi dan bisa menjaga kekuatan gigi agar tidak mudah kropos.

7. Tingkatkan kadar trigliserida
Buah adalah makanan sehat yang rendah kalori dan lemak sehingga banyak ahli gizi menganjurkan mengkonsumsi buah dalam makanan masyarakat. Namun, mengkonsumsi terlalu banyak buah juga bisa berdampak negatif. USA Departemen Pertanian merekomendasikan porsi ideal buah untuk dimakan adalah dua cangkir sehari. Salah satu efek negatif dari konsumsi buah yang berlebihan adalah kenaikan kadar trigliserida. Trigliserida adalah senyawa kimia yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung. Penyakit jantung, pastinya tidak bisa dilakukan dengan mudah kan?

8. Berbahaya bagi penderita kanker
Pasien kanker memiliki beberapa batasan diet yang harus mereka hindari. Setiap makanan yang mereka makan akan memainkan peran besar dalam proses penyembuhan. Termasuk pantang makan buah. Selain buah-buahan seperti lengkeng, nangka, nanas, durian dan anggur, duku juga termasuk dalam salah satu buah sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita kanker. Ini karena, buah ini menghasilkan alkohol sehingga bisa memicu kembali sel kanker.

9. Penyebab bisul
Jika Anda memiliki riwayat ulkus, Anda harus selalu memperhatikan setiap asupan makanan yang Anda konsumsi. Pilar makanan sulit dicerna karena akan membuat kerja perut menjadi lebih parah. Duku yang merupakan buah manis dan segar.

Itulah beberapa manfaa efek samping duku bagikesehatan, semoga berguna dan manfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat mentega untuk bibir

Pantangan buah untuk ibu hamil